Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lakukan Ini! 12+ Cara Menjaga Kesehatan Kulit Anda Tanpa Harus Perawatan Khusus

INNEWS.MY.ID - Memiliki kulit yang sehat dan terawat merupakan impian bagi setiap orang, putih bersih dan bebas dari kuman serta sehat sepanjang hari. Kulit yang tidak sehat, tentunya akan terlihat lebih buruk dan tubuh pun terasa tidak segar.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit perlu dilakukan terlebih dahulu. Hal ini untuk menjaga kulit tetap sehat dan tertutup dengan baik. Tips menjaga kesehatan kulit adalah membersihkan wajah secara rutin

Cara terbaik untuk melindungi kulit yang sehat adalah dengan menggunakan tabir surya untuk membantu menjaga kesehatan kulit Anda

Cara menjaga kesehatan kulit sangat penting. Dengan begitu, keinginan akan kulit sehat dan terawat dapat tercapai, yang membantu meningkatkan rasa percaya diri dan mencegah risiko berbagai penyakit kulit Sayangnya, tidak semua orang tahu persis bagaimana tips menjaga kesehatan kulit. Akibatnya, beberapa orang sengaja mengabaikannya. Sebenarnya, apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit?

Cara menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh

Paparan polusi dan sinar matahari, usia dan berbagai faktor dapat merusak kesehatan kulit. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, tidak hanya penampilan saja tetapi juga masalah kesehatan kulit lainnya bisa terjadi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan kulit dengan benar:

1. Cuci muka secara teratur

Salah satu cara menjaga kesehatan kulit wajah adalah dengan rutin mencuci muka. Pembersihan wajah bertujuan untuk membersihkan sisa make up, minyak dan noda pada wajah. 

Jika Anda pernah menggunakan riasan sebelumnya, bersihkan wajah Anda terlebih dahulu dengan penghapus riasan. 

Ini karena tidak mungkin menghapus riasan sepenuhnya dengan mencuci muka.

Mandi teratur adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit, cuci muka dengan air hangat

"Kemudian cuci muka menggunakan air hangat dan mulailah cara mencuci muka. Kemudian tuangkan sabun wajah yang lembut ke telapak tangan Anda. 

Oleskan sabun wajah pada wajah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah untuk menghilangkan semua minyak dan kotoran. 

....Cuci muka dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk bersih dan lembut. Pastikan Anda membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari sebelum tidur. 

Setelah mencuci muka, gunakan toner wajah untuk membantu menghilangkan sisa sabun, minyak, atau kotoran.

2. Mandi Rutin & Teratur

Sementara itu, salah satu cara menjaga kesehatan kulit adalah dengan mencucinya dua kali sehari. Kulit perlu dicuci untuk membersihkannya dari minyak, keringat dan kotoran lengket. 

...Namun, jangan mandi atau berlama-lama di air yang sangat panas, karena dapat mengiritasi kulit dengan minyak alami. 

"Akibatnya, kulit Anda bisa menjadi sangat kering". 

...Untuk menghindarinya, cara menjaga kesehatan kulit adalah dengan membatasi waktu mandi dan menggunakan air hangat (suam-suam kuku). 

"Selain itu, pilihlah sabun ringan yang bersifat melembapkan untuk menjaga kandungan minyak alami pada kulit. Setelah mandi, keringkan kulit Anda dengan handuk lembut.

Baca juga: 7 Bahan Alami Untuk Memutihkan Kulit Secara Alami, Mudah dan Cepat Hasilnya

3. Gunakan Pelembab Kulit

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan menggunakan pelembab, seperti pelembab.

"Jika Anda memiliki kulit wajah dan tubuh yang kering, gunakan pelembab sebagai cara untuk menjaga kesehatan kulit. 

...Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, hindari pelembab berbahan dasar alkohol. 

"Sementara itu, singkirkan pelembab berbahan dasar air yang berminyak. Tidak ada salahnya menggunakan pelembab SPF untuk menjaga kesehatan kulit dengan melindunginya dari sinar matahari.


4. Gunakan produk skincare yang tepat

Secara umum, kulit diremajakan setiap 28 hari atau lebih. Namun terkadang sel kulit mati menumpuk, apalagi kondisi kulit bisa berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung dari berbagai faktor internal dan eksternal. 

Menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit yang sehat akan menghasilkan kulit yang sehat dan berkilau.


5. Lindungi kulit Anda dari sinar matahari

"Tips menjaga kesehatan kulit adalah perlindungan dari sinar matahari. Paparan sinar matahari paling kuat adalah antara jam 10 pagi dan 4 sore. 

...Dalam jangka panjang, berada di bawah sinar matahari selama waktu ini dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti keriput, bintik-bintik penuaan, dan kanker kulit.

Kunci menjaga kesehatan kulit adalah dengan melindungi kulit dari sinar matahari, penting untuk menggunakan tabir surya dan topi saat berada di luar ruangan.

Jadi jika Anda berada di luar ruangan, pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 menit 20 menit sebelum keluar di pagi dan sore hari. Atau berenang.. 

"Selain itu, Anda juga bisa mengenakan baju lengan panjang, topi atau payung sebagai perlindungan ekstra saat melakukan aktivitas di luar ruangan.


6. Tidur yang cukup

Cara lain untuk menjaga kesehatan kulit dapat memengaruhi rutinitas harian Anda. Salah satunya adalah dengan tidur yang cukup. 

"Tidur yang cukup menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata, serta meningkatkan warna kulit dan mencerahkan.

Cara menjaga kesehatan kulit selanjutnya adalah dengan tidur yang cukup Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam

Jika Anda tidak tidur, itu dapat memiliki efek mendalam pada fungsi kulit, menyebabkan tanda-tanda penuaan. 

...Karena itu, orang dewasa disarankan untuk tidur 7-9 jam setiap hari. Selama tidur nyenyak, tubuh meremajakan kulit, otot, dan sel darah. 

"Tubuh juga memproduksi kolagen baru, yang membantu mencegah iritasi kulit.


7. Makan makanan sehat & bernutrisi

Makan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein dan lemak sehat penting untuk kesehatan kulit dan kesehatan secara keseluruhan. 

...Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa diet kaya minyak ikan dan diet kaya lemak tidak sehat dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan kesehatan kulit. ...

Vitamin C bekerja pada semua jenis kulit untuk meningkatkan dan mencerahkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, melindungi kulit dari unsur-unsur, dan meningkatkan produksi kolagen dan elastin. . 

Hal ini dimaksudkan untuk melindungi kulit dari kontaminasi dengan cara meremajakan kulit.

Cara menjaga kesehatan kulit


8. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Minum air putih penting untuk kesehatan kulit.

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi. Ketika dibiarkan tidak dikelola, mereka dapat tersesat dan kehilangan jalan yang benar — baik secara fisik maupun emosional. 

Minum banyak air mungkin merupakan langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaganya agar tetap terhidrasi. 

"Secara umum, para ahli kesehatan menganjurkan minum air putih 8 gelas atau 2 liter air sehari untuk mencegah dehidrasi.


9. Dilarang merokok

Tips menjaga kesehatan kulit tidak kalah penting dari merokok. Merokok dapat membuat kulit Anda terlihat tua, yang dapat menyebabkan kerutan akibat pergerakan wajah Anda. 

"Selain itu, risiko merokok dapat mengurangi jumlah pembuluh darah kecil di lapisan luar kulit. Akibatnya, aliran darah berkurang, dan kulit terlihat lebih kecil. 

Merokok dapat menguras nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Mereka bahkan dapat merusak kolagen dan elastin, yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit. 

Tidak berhenti sampai di situ, efek samping merokok meningkatkan risiko terjadinya karsinoma sel skuamosa. Jadi Anda perlu berhenti merokok agar kulit Anda tetap sehat dan sehat.


10. Kendalikan stres

Stres yang tidak terkontrol membuat kulit menjadi lebih sensitif sehingga menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya. 

"Jadi tips menjaga kesehatan kulit adalah dengan mencoba mengendalikan stres dengan pikiran yang tenang. Anda dapat menonton komedi, menghabiskan waktu dalam kegiatan rekreasi, atau berbicara dengan orang yang Anda cintai untuk meredakan kecemasan Anda.


11. Hindari alkohol

Apakah Anda sering menggunakan alkohol? Jika demikian, sebaiknya segera hentikan atau hentikan latihan tersebut. 

"Kebiasaan minum alkohol meningkatkan pembuluh darah dan kulit menjadi merah untuk sementara waktu."

...Penyalahgunaan alkohol juga meningkatkan risiko kanker kulit dengan memperbesar pori-pori. Padahal, bahaya minum alkohol bisa memicu penyakit liver yang menyebabkan kulit menguning. Jadi hindari alkohol untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh Anda.


12. Lakukan eksfoliasi kulit Anda secara teratur

Langkah selanjutnya adalah menghilangkan jerawat secara teratur. Peremajaan kulit adalah proses pengangkatan sel kulit mati agar kulit tetap bersih dan bercahaya.

Kulit yang tidak sehat, tentu saja ada penyebabnya. "Ya, ada banyak hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda. Dan dibawah ini saya sediakan beberapa hal yang perlu Anda hindari atau hilangkan dari kebiasaan Anda.

Hindari 4 penyebab kerusakan kulit dibawah ini!

Cara terbaik untuk melindungi kulit Anda adalah dengan menghindari penyebab kerusakan kulit.Paparan sinar matahari adalah penyebab utama kerusakan kulit

Penting bagi Anda untuk mengetahui faktor risiko kerusakan kulit agar dapat mempraktikkan cara menjaga kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa penyebab umum kerusakan kulit:

1. Tampilan sinar matahari

Salah satu penyebab kerusakan kulit yang paling umum adalah paparan sinar matahari. Mereka merusak kulit, seperti kolagen dan elastin.

"Ya, Sinar ultraviolet dapat mempengaruhi produksi melanosit, yang menghasilkan perubahan warna kulit yang sehat. Akibatnya, dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik coklat dan bahkan kanker kulit.

2. Radikal bebas

Penyebab lain kerusakan kulit adalah radikal bebas yang ditemukan di bawah sinar matahari. Radikal bebas dapat berperan dalam perkembangan kanker kulit. 

"Selain itu, radikal bebas merupakan hasil dari paparan asap rokok atau faktor lingkungan lainnya.

3. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan kerusakan kulit lebih lanjut. Hal ini karena merokok dapat menyebabkan kulit kering, keriput, dan stretch mark, serta dapat terlihat membosankan. Seperti disebutkan sebelumnya, merokok menghancurkan nutrisi dan oksigen yang diperlukan untuk kesehatan kulit.

4. Paparan Zat Iritan

Paparan iritasi sabun dan produk pembersih rumah tangga dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan alergi pada beberapa orang. 

...Beberapa iritasi dalam produk kimia dapat menyebabkan luka bakar kulit dan luka bakar kimia.[...

Tips sehat ini tidak sulit didapat bukan? Serius, Anda perlu berkomitmen untuk menjaga kesehatan kulit. 

....Jangan abaikan kesehatan kulit Anda karena akan membuat Anda terlihat buruk dan berbagai masalah kulit akan menghampiri Anda.

Apabila Anda merasa ada penyakit atau kulit Anda tidak sehat, bisa segera hubungi dokter atau lakukan konsultasi ke dokter kulit. Hal sepele, bisa saja menjadi lebih serius kalau Anda biarkan saja.

Semoga bermanfaat yah, terimakasih telah berkunjung!

Post a Comment for "Lakukan Ini! 12+ Cara Menjaga Kesehatan Kulit Anda Tanpa Harus Perawatan Khusus"