Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa manfaat bawang putih? Ketahui, ini 5 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh Anda.

INNEWS.MY.ID - Bawang putih memang harum, namun bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya sebagai resep, bawang putih sudah sejak lama digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Ini karena kandungan nutrisinya.

Bawang putih adalah salah satu bawang yang paling banyak digunakan di dunia. Bau bawang putih berasal dari kandungan belerang organiknya, yang juga membantu menjaga kesehatan tubuh.

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih sering digunakan untuk mengobati masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung dan sistem peredaran darah, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan aterosklerosis.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan


Kandungan gizi bawang putih

Nilai gizi 100 g bawang putih mentah adalah sebagai berikut.

  • 6,3 gram protein;
  • 0,5 gram lemak
  • 33 gram karbohidrat
  • 2,1 gram serat
  • 181 mg kalsium
  • 1,7 mg zat besi
  • 25 mg magnesium
  • 153 mg fosfor
  • 401 mg kalium

Bawang putih juga mengandung senyawa seperti antioksidan, antibakteri, antikanker dan antiinflamasi.

Apa manfaat bawang putih untuk kesehatan?

Berkat kandungan nutrisinya, bawang putih memiliki banyak manfaat. Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Satu studi menemukan bahwa suplemen bawang putih menurunkan kolesterol dan tekanan darah untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, sel darah merah melebarkan kandungan sulfur bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida untuk melebarkan pembuluh darah.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Bawang putih tidak hanya baik untuk jantung tetapi juga untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat mengurangi risiko infeksi bakteri H. pylori di perut.

3. Pencegahan kanker

Bawang putih dikenal karena sifat antioksidan dan anti kankernya.

Satu studi menemukan bahwa penggunaan bawang putih mengurangi risiko kanker lambung dan meringankan gejala kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru-paru dan kanker pankreas.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui efektivitas bawang putih dalam mencegah kanker.

4. Mencegah penyakit Alzheimer dan penyakit Alzheimer

Bawang putih mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas sendiri meningkatkan risiko berkembangnya penyakit otak, seperti penyakit Alzheimer dan Alzheimer.

Menurut sebuah penelitian, suplemen bawang putih dapat meningkatkan tekanan darah dengan meningkatkan aktivitas antibakterinya.

5. Pencegahan flu

Bawang putih meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dipercaya dapat mencegah masuk angin. Studi menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa makan bawang putih, yang terkena flu, dan mereka yang tidak makan bawang putih sembuh lebih cepat daripada mereka yang tidak.

Namun, manfaat bawang putih untuk masuk angin masih perlu penelitian lebih lanjut.

Bawang putih juga dipercaya penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit, meningkatkan kesehatan tulang dan mengobati kutu air.

Manfaat bawang putih dapat sepenuhnya terwujud jika dikonsumsi mentah. Jangan memasaknya di atas 60 derajat Celcius, karena menghilangkan kandungan allyin penting dalam tubuh.

Jika ingin menggunakan suplemen bawang putih untuk mencegah atau mengobati penyakit, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, terutama jika sedang mengonsumsi obat atau suplemen lain. Tujuannya adalah untuk menghilangkan efek interaksi obat atau mengurangi efektivitas pengobatan.

Post a Comment for "Apa manfaat bawang putih? Ketahui, ini 5 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh Anda."