Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beragam Khasiat / Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan, Apa saja? Simak Ulasan Ini!

INNEWS.MY.ID - Khasiat buah mengkudu untuk kesehatan sudah lama diketahui. Meski rasanya pahit, hanya sedikit orang Indonesia yang menggunakan buah ini untuk mengobati berbagai penyakit seperti sakit kepala, pilek, dan diabetes.

Morinda citrifolia adalah buah hijau asli Australia, India dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini banyak digunakan sebagai obat herbal dan suplemen.

Apa saja kandungan Buah Mengkudu?

Buah mengkudu mengandung bahan-bahan berikut.

  • Karbohidrat
  • Protein
  • gula
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Biotin
  • Folet
  • Magnesium
  • Kalium
  • Kalsium

Buah mengkudu kaya akan obat anti inflamasi seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai bahan anti inflamasi dan anti bakteri.

Selain dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, buah mengkudu juga dikenal dapat melembabkan kulit dan menghilangkan kerutan di wajah. Sayangnya, efektivitas buah mengkudu masih perlu penelitian lebih lanjut.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan 

Buah mengkudu memiliki bau yang tidak sedap dan rasa yang pahit. Namun, manfaat buah mengkudu bagi kesehatan sangat bervariasi.

1. Pencegahan dan perbaikan kerusakan jaringan

Sel dan jaringan dapat cepat rusak bila terkena radikal bebas dari berbagai sumber, seperti asap rokok, polusi, racun, atau radiasi.

Terlalu banyak radikal bebas merusak sel-sel tubuh lebih cepat, yang meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Buah mengkudu dikenal mampu mengurangi jumlah radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh.

Namun, untuk memaksimalkan manfaat buah bergizi ini, Anda perlu memiliki pola hidup sehat, seperti tidak merokok, mengurangi stres, berolahraga secara teratur, dan cukup istirahat.

2. Jaga kadar kolesterol Anda tetap tinggi

Menurut sebuah penelitian, jus buah atau jus pisang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sehingga menurunkan kadar kolesterol di arteri dan mencegah penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

Efek ini diduga karena antioksidan yang tinggi dan sifat anti-inflamasi dalam buah mengkudu.

3. Mengurangi nyeri sendi

Buah mengkudu secara tradisional telah digunakan untuk meredakan nyeri dan meredakan pembengkakan pada tubuh. Ekstrak buah ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada persendian, misalnya pada penderita osteoarthritis.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Salah satu kelemahan buah mengkudu adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem imun yang kuat, tubuh bisa menjadi lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

5. Gula darah rendah

Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola hidup sehat dengan membatasi asupan gula, berolahraga, dan memperbanyak asupan buah dan sayur untuk mencegah penyakit ini.

Menurut sebuah penelitian, kacang mengkudu dapat menurunkan gula darah dan menstabilkan tekanan darah. Efek ini diduga karena mampu meningkatkan efektivitas hormon insulin dengan mengontrol kadar gula darah.

6. Pertahankan berat badan yang baik

Sejumlah kecil penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa pala penting untuk menurunkan berat badan dan obesitas. Efek ini diduga karena kemampuannya untuk mengurangi kolesterol dan lemak serta meningkatkan metabolisme.

Namun, banyak penelitian yang belum mengkonfirmasi keefektifan buah mengkudu pada manusia. Jadi Anda tidak bisa hanya mengandalkan buah Mengkudu untuk menurunkan berat badan. Anda juga perlu berolahraga secara teratur dan pola makan yang sehat.

Selain berbagai manfaat yang disebutkan di atas, masih banyak manfaat lain dari buah mengkudu, seperti mengontrol tekanan darah, pengurangan risiko kanker, mual dan kekuatan. Sayangnya, berbagai klaim manfaat Buah Mengkudu masih perlu diteliti lebih lanjut.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan buah mengkudu

Secara umum relatif aman digunakan sebagai buah, pala atau sebagai suplemen. Namun terkadang obat herbal yang mengandung pala juga dapat menimbulkan efek samping seperti sakit perut, diare, pusing, dan sakit kepala.

Untuk menghindari efek samping yang serius, Anda harus mengambil tindakan pencegahan sebelum mengambil obat herbal, termasuk kata benda, terutama jika Anda memiliki salah satu dari kondisi berikut.

  • Mereka sedang hamil atau menyusui

Buah mengkudu tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena berisiko mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin. Bingkai ini tidak boleh dimakan terlalu banyak oleh ibu menyusui karena efeknya pada bayi yang disusui tidak jelas.

  • Tingginya kadar kalium dalam darah

Konsumsi buah mengkudu dapat meningkatkan kadar kalium dalam tubuh, sehingga buah ini tidak dianjurkan bagi penderita hiperkalemia, yaitu orang dengan kadar kalium tinggi dalam darah.

Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti kelelahan, mual, sesak napas, dan nyeri dada. Jika tidak diobati, hiperkalemia dapat menyebabkan gangguan neurologis dan ginjal serta gagal jantung.

  • Penyakit ginjal

Buah mengkudu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Hal ini karena overdosis atau overdosis pada buah mengkudu dapat dengan cepat merusak ginjal.

  • penyakit hati

Berbagai obat dan suplemen herbal, termasuk suplemen buah mengkudu, dapat menyebabkan kerusakan hati atau penyakit hati. Efek ini bahkan lebih berbahaya bagi orang yang menggunakan kacang Noni dalam waktu lama atau berlebihan.

Selain itu, buah mengkudu juga bisa menimbulkan efek interaksi obat, apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tertentu.

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangat banyak dan beragam. Namun, untuk keamanan yang lebih baik, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan buah mengkudu, terutama jika ingin menggunakannya sebagai pengobatan.

Post a Comment for "Beragam Khasiat / Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan, Apa saja? Simak Ulasan Ini!"