Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengatasi & Menghilangkan Gatal-Gatal Pada Tubuh Secara Aman

INNEWS.MY.ID - 7 Cara mengatasi dan menghilangkan gatal pada tubuh - Anda mungkin pernah merasakan gatal-gatal pada bagian tubuh, entah itu karena alergi maupun penyakit tubuh yang menimbulkan gatal di sekujur tubuh Anda, bukan begitu??". Rasa gatal tentu saja sangat mengganggu aktifitas kita, dan bahkan kita tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasanya dikarenakan gatal tersebut.

Jika anda merasa gatal, maka segera atasi dan jangan biarkan rasa gatal tersebut mengganggu aktifitas Anda terlebih pada saat momen-momen penting. Ada berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gatal pada tubuh Anda dan berikut ini tips cara mengatasi rasa gatal - gatal pada tubuh Anda.

Cara mengatasi dan menghilangkan gatal pada tubuh


1. Mengusap Pada Bagian Yang Gatal.

Mengusap adalah cara terbaik yang dapat di lakukan dengan mudah oleh siapa saja pada bagian tubuh yang terasa gatal. Mengusap memang bukan untuk menghilangkan rasa atau penyakit gatal, hanya saja dengan mengusap - usap pada bagian yang terasa gatal, maka rasa gatal bisa sedikit berkurang atau mengusap merupakan cara terbaik meringankan rasa gatal di tubuh kita.

Inget! Jangan menggaruknya dengan kuku anda, dan cukup mengusap saja pada bagian yang gatal dengan telapak tangan anda. Kenapa tidak digaruk??". Menggaruk justru akan membuat rasa gatal semakin menjadi-jadi dan bahkan akan menimbulkan infeksi karena lecet terkena kuku Anda, dan kuku juga salah satu sarang kuman, sehingga apabila kita menggaruknya dengan kuku, maka kuman yang terdapat pada kuku akan menempel pada kulit dan membuat gatal semakin parah.

2. Ganti dan Gunakan Pakaian Yang Tidak Memicu Gatal.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ada berbagai jenis bahan pakaian yang tentunya bisa menjadi pemicu gatal. Oleh karena itu, apa bila anda merasa pakaian yang anda kenakan menjadi penyebab gatal-gatal pada tubuh Anda, sebaiknya ganti pakaian anda dan gunakan pakaian lain yang lebih nyaman dan tidak menimbulkan rasa gatal.

Selain mengganti pakaian, ada berbagai cara yang dapat menghilangkan rasa gatal pada tubuh Anda dan simaklah lebih lanjut.

3. Ganti Sabun Mandi Anda.

Bukan hanya pakaian saja yang bisa menjadi penyebab timbulnya gatal pada tubuh kita secara tiba-tiba, tapi sabun yang anda gunakan juga bisa menjadi penyebab timbulnya rasa gatal. Jika anda merasa tidak cocok dengan sabun, sampo, atau kosmetik yang anda gunakan saat ini, maka gantilah dengan sabun lainnya yang lebih cocok di tubuh Anda dan tentunya yang tidak menimbulkan gatal.

Dalam memilih sabun, kita juga harus jeli dan tahu jenis sabun yang baik dan aman untuk di gunakan, karena saat ini ada banyak merek sabun baru yang belum di kenali bahan baku untuk membuat sabun tersebut. Dan tentunya kita harus lebih waspada dalam memilih jenis sabun.

4. Mandi Dengan Air Dingin.

Bagi anda yang terbiasa mandi dengan air hangat, maka cobalah untuk mempertimbangkan dan membiasakan diri untuk menggunakan air dingin ketika mandi. Mandi dengan air dingin bisa membantu anda mengatasi dan mengurangi rasa gatal pada tubuh Anda. Seperti yang banyak di ulas di berbagai media, bahwa selain dapat melancarkan peredaran darah, mandi dengan air dingin juga bisa membantu meringankan dan bahkan bisa menghilangkan gatal pada tubuh Anda.

Jika anda merasa gatal, segeralag mandi dengan air dingin tidak lebih dari 20 menit. Jangan terlalu lama saat mandi dan jangan gunakan air hangat ketika gatal, karena mandi dengan air hangat justru akan memperburuk rasa gatal yang anda derita.

5. Oleskan Salep Gatal Atau Bedak Gatal Pada Tubuh Yang Gatal.

Mengobati gatal-gatal pada kulit tubuh dengan salep atau bedak garal sering di lakukan oleh masyarakat pada umumnya. Memang, dengan menaburkan bedak pada bagian yang terasa gatal merupakan cara terbaik untuk mengatasi rasa gatal. Tapi, perlu anda ketahui, bahwa dalam memilih salep dan bedak pun kita harus tahu, bedak dan salep yang cocok dengan kondisi kulit kita. Karena biasanya ada sebagian orang yang justru gatalnya semakin parah karena salah salep.

6. Olesi Minyak Telon.

Apakah rasa gatal yang anda derita itu akibat sengatan serangga atau ulat, maka minyak telon bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi gatal yang anda rasakan. Gunakan dan oleskan minyak telon pada bagian yang gatal.

7. Konsultasi Pada Dokter.

Apabila anda merasa gatal-gatal yang anda derita tidak kunjung sembuh dan cenderung semakin tambah parah, entah itu karena biang keringat atau karena faktor lain. Segeralah minta bantuan pada dokter.

Dengan meminta bantuan pada dokter, maka kita akan tahu faktor penyebab gatal tersebut, karena ada beberapa penyakit dalam tubuh yang juga bisa menimbulkan rasa gatal yang cukup serius, seperti pertanda serangan pada organ ginjal, leokimia, tiroid dll. Jadi, apabila tidak segera di tangani dokter, maka bisa dipastikan gatal akan semakin parah. Biasanya anda akan di beri resep obat gatal dan penjelasan mengenai jenis makanan yang tidak boleh anda konsumsi, dan yang baik untuk di konsumsi saat menderita gatal-gatal.

Kesimpulan : Pada intinya, untuk mencegah gatal datang, kita harus selalu menjaga kebersihan, baik pada pakaian yang kita gunakan dan selalu rajin membersihkan diri. Penyakit gatal pada kulit itu jenis penyakit yang bisa menular, oleh karena itu jangan gunakan sabun mandi, pakaian yang telah di gunakan orang yang punya penyakit gatal atau sedang menderira gatal. Dan perlu Anda ketahui juga, bahwa ada berbagai macam jenis penyakit gatal pada kulit, mengenai hal ini mungkin akan saya update pada ulasan berikutnya.


Post a Comment for "7 Cara Mengatasi & Menghilangkan Gatal-Gatal Pada Tubuh Secara Aman"