Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Mengatasi Gatal Gatal di Sekujur Tubuh? Simak Tipsnya.

INNEWS.MY.ID - Bagaimana Cara Mengatasi Gatal Gatal di Sekujur Tubuh?? Gatal adalah hal yang sangat menyebalkan, selain bisa mengganggu aktifitas, karena gatal di seluruh bagian tubuh juga dapat menimbulkan penyakit kulit yang lebih serius apabila di garuk. 

Gatal-gatal pada kulit atau dalam istilah medis disebut dengan pruritus merupakan kondisi medis yang sangat umum yang dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari kondisi yang ringan hingga kondisi yang berat. 

Gatal pada kulit ini dapat dirasakan pada area tertentu saja atau pada seluruh tubuh. Kemerahan pada kulit atau ruam merupakan gejala penyerta yang paling sering mengiringi rasa gatal ini dan itu sudah umum. Penyakit gatal ringan ini disebabkan oleh banyak sekali faktor, seperti di sengat serangga, ulat, pakaian kotor, kuman, alergi dan penyakit tertentu yang menimbulkan gatal di sekujur tubuh.

Sebelum membahas lebih lanjut cara mengatasi gatal-gatal di sekujur tubuh, mengenali penyebab gatal tersebut terlebih dulu itu sangat penting untuk menentukan penanganan yang tepat pada gatal tersebut. Penyebab yang paling umum dari gatal adalah gigitan serangga, namun sebenarnya ada banyak hal lain yang dapat memicu terjadinya gatal pada kulit dan pada umumnya gatal tersebut dapat reda dengan sendirinya, atau berkurang hingga meghilang setelah mendapatkan pengobatan khusus. 

Di artikel cara mengobati gatal ini akan dijelaskan juga penyebab gatal – gatal dan cara mengobati gatal tersebut, simak dan lanjutkan membaca...

Cara Mengatasi Gatal Gatal di Sekujur Tubuh

Apa saja yang dapat menjadi penyebab dan pemicu gatal - gatal di sekujur tubuh?? Berikut ini ada beberapa hal terkait penyebab gatal yang perlu Anda ketahui. Penyebab gatal – gatal seluruh tubuh yang umum seperti :


  • Kulit kering (xerosis) dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal pada tubuh yang tidak disertai perubahan pada kulit. Kulit kering pada umumnya disebabkan oleh lingkungan dengan kelembapan udara yang rendah,dan terlalu lama di ruangan ber-AC.
  • Penyakit kulit seperti eksimatopik, psoriasis, folikulitis, prurigo dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal pada tubuh yang disertai perubahan pada kulit berupa ruam kemerahan dan iritasi pada kulit.
  • .Penyakit saraf seperti multipel sklerosis, neuropati diabetik, saraf terjepit, dan herpes zoster dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal pada seluruh tubuh akibat adanya gangguan pada saraf.
  • Penyakit dalam seperti hepatitis, sirosis, penyakit celiac, gagal ginjal, tiroid, leukemia, dan limfoma dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal pada seluruh tubuh akibat adanya gangguan pada metabolisme tubuhReaksi alergi dan iritasi terhadap bahan atau zat tertentu seperti pakaian wool, karet, bahan kimia sabun, deterjen, kosmetik termasuk alergi makanan dan obat – obatan dapat meyebabkan timbulnya rasa gatal pada seluruh tubuh.
  •  Pada masa kehamilan beberapa wanita dapat merasakan gatal pada daerah lengan, payudara, perut, dan paha, akibat adanya perubahan hormonal.

  • *.Gangguan mental seperti keadaan depresi dan kecemasan juga dapat menimbulkan rasa gatal pada tubuh.

  • Itulah beberapa penyebab penyakit gatal yang umum yang mungkin belum Anda ketahui. Penyakit tertentu adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan dan menimbulkan rasa gatal di sekujur tubuh kita, oleh karena itu belajarlah untuk tetap menjaga pola hidup sehat, agar tubuh tetap sehat bugar dan bebas dari berbagai jenis penyakit. Dan jagalah kebersihan agar Anda terhindar dari gatal-gatal yang meresahkan.
  Cara Mengobati Gatal - Gatal / Obat Gatal Paling Ampuh.

  • Obat – Obat Anti gatal. Obat yang digunakan biasanya disediakan dalam bentuk bedak kocok cair yang memiliki zat aktif anti gatal mentol atau fenol. Obat tersebut biasanya berbentuk campuran dengan kalamina atau seng-oksida. Sediaan dalam bentuk cairan lebih bersifat menyejukkan kulit dibandingkan sediaan bentuk serbuk.
  • Obat anti histaminika. Anti histamin merupakan obat yang menghilangkanefek histamin pada tubuh. Anti histamin untuk gatal tersedia dalam bentuk krim maupun losion. Untuk kondisi gatal yang banyak di berbagai bagian tubuh dapat digunakan antihistamin tablet karena sifatnya yang lebih efektif dan praktis. Anti histamin yang biasa digunakan antara lain prometazin, feniramin, difendhidaramin, dimentinden, klorfenoramin (CTM).
  • Obat Kortikosteroida. Kortikosteroida merupakan obat yang mempunyai khasiat anti radang dan anti gatal kuat. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi gangguan gatal yang parah seperti pada eksim. Kortikosteorid yang biasa digunakan untuk mengatasi gatal tersedia dalam bentuk krim dan salep dengan kandungan aktifnya krim hidrokortison-asetat 1% dan hidrokortison-butirat 0,1%. Hidrokortison merupakan kortikosteroid yang paling sering digunakan krena menimbulkan efek samping yang palig sedikit.


Mungkin hanya itu saja yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini terkait cara mengatasi gatal pada tubuh. Anda bisa melanjutkan membaca cara mengobati gatal pada area tertentu di bagian tubuh Anda melalui artikel terkait. Semoga bisa menambah wawasan Anda dan selalu hidup sehat.

Post a Comment for "Bagaimana Cara Mengatasi Gatal Gatal di Sekujur Tubuh? Simak Tipsnya."